BETET JAWA

Sabtu, 14 Mei 2011


Betet Jawa adalah burung yang termasuk dalam family Psittacidae yaitu burung berparuh bengkok sejati. Betet Jawa masuk dalam Genus Psittacula (betet). Kalo nama inggrisnya betet jawa biasa disebut moustached parakeet atau red breasted parakeet. Nama ilmiahnya adalah Psittacula Alexandri Alexandri.
Ciri-ciri dari burung ini adalah warna dasar tubuhnya yang hijau, warna merah muda pada bulu dadanya, dan topeng abu-abu pada mukanya. Juga terdapat garis hitam yang menjalar dari hidung sampai daerah matanya (makanya disebut moustached parakeet atau parkit berkumis). Di pipinya terdapat warna hitam kebiruan. Panjang Betet Jawa berkisar antara 33 cm, dengan rentang sayap antara 145-146 mm, dan panjang ekor antara 129-191 mm. Perbedaan antara jantan dan betina.Jantan terdapat antara warna merah di dadanya hampir sampai bawah,kalau yg betina merahnya hanya sebatas dada atas

Karakter dari burung ini adalah pintar, bersemangat, juga bandel. Jika dipelihara, burung ini bisa menjadi hewan yang sangat pintar. Rata-rata umur Betet Jawa adalah selama 20-25 tahun.

Persebaran burung ini meliputi daerah Pulau Jawa hingga Bali.
Betet adalah hewan herbivora. Makanan dari Betet Jawa meliputi tanaman pertanian (biji-bijian), sehingga kerap dianggap hama. Jagung, jawawut, dan biji-bijian lainnya merupakan kesukaannya. Betet juga suka memakan buah-buahan dan hijauan.




PERBEDAAN BETET JANTAN DAN BETINA SANGAT JELAS. BETET JANTAN WARNA MERAH DIDADA HAMPIR PENUH SEDANGKAN BETINA HANYA SEBATAS DADA

Posting Komentar

0 komentar:

RAMALAN JODOH